ilmu alamiah dasar



1.      PENGERTIAN ILMU ALAMIAH DASAR (IAD)

Ilmu Alamiah Dasar (IAD) atau sering di sebut juga dengan Ilmu Pengetahuan Alam (natural science) ,yaitu adalah ilmu yang mempelajari,mengkaji,dan menjelaskan tentang gejala-gejala di alam semesta ,sehingga dapat terbentuk konsep-konsep dan prinsip. IAD hanya mengkaji tentang konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang esensial saja dan hanya menjelaskan tentang metode-metode ilmu kealaman dan gejala gejala alam yang lebih secara filososfi .
IAD merumuskan pemikiran yang lebih menjurus pada realisme ,karena ilmu sains ini berbicara tentang metode dan gejala alamiah yang tidak terlepas dari realitas objek-objek alam dan materi yang dapat di lihat oleh indra . 
 Hampir semua pemikiran mengenai ilmu kealaman ini di pengaruhi oleh pandangan realisme .Realisme menempatkan observasi dan eksperimen sebagai suatu hal yang penting di dalam sains .Dengan observasi ilmuwan dapat meramalkan gejala-gejala alam yang akan terjadi.
Misalnya ,pada zaman dahulu dengan fakta yang cukup ,ilmuwan dapat menjelaskan tentang gerhana matahari secara spesifik .
Sedangkan ilmu alamiah dasar menurut Abdulah Aly dan Eny Rahma (2006:V) “ILMU ALAMIAH DASAR” merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam bidang ilmu pengetahuan alam (IPA) dan teknologi”
metode yang di gunakan dalam menafsirkan ilmu alamiah dasar harus metode alamiah yang dapat di lihat oleh panca indra secara realitas sehingga ,tidak dapat dengan mudah mengambil keputusan untuk membuat prinsip mengenai ilmu alamiah kalau tidak ada realitasnya .
Ilmu alamiah dasar melibatkan study tentang fenomena atau hukum hukum dunia fisik .Ilmu pengetahuan alam dapat didefinisikan sebagai pendekatan rasional untuk mempelajari alam semesta dan dunia fisik .berikut ini adalah cabang utama ilmu pengetahuan alam :
-          Astronomi : berhubungan dengan studi ilmiah benda langit ,seperti komet ,planet ,galaksi dan fenomena yang berasal dari luar atmosfer bumi seperti radiasi latar belakang kosmik .
-          Biologi : adalah studi ilmiah tentang makhluk hidup ,termasuk asal mereka ,struktur pertumbuhan ,fungsi evolusi .
-          Kimia : adalah cabang ilmu alamiah dasar yang berhubungan dengan komposisi zat serta sifat dan reaksi mereka
-          Ilmu bumi : meliputi tentang sistem bumi di ruang angkasa yang mencakup cuaca ,iklim serta studi tentang hal –hal yang tidak hidup seperti lautan ,batuan ,dan planet .ini berkaitan dengan aspek fisik bumi seperti struktur pembentukannya dan fenomea terkait .

Fisika : adalah cabang ilmu alamiah dasar yang berhubungan dengan studi tentang sifat dan interaksi waktu ,tenaga ruang dan materi.


2. ILMU ALAMIAH DASAR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Dalam kehidupan manusia dewasa ini tidak terlepas dari ilmu alamiah dan ilmu terapannya berupa teknologi, dalam berbagai bidang, misalnya ilmu kedokteran dan ilmu farmasi (Obat-Obatan) merupakan cabang dari biologi sebagai ilmu terapan, Pakaian, jam tangan, pensil atau pulpen yang kita pakai sehari-hari adalah hasil dari teknologi.
Peranan ilmu alamiah dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari sangat terasa yang berperan dalam kehidupan antara lain adalah.
Materi, yaitu apa saja yang mempunyai masa dan menepati ruang sedangkan energi adalah suatu tenaga yang bisa memindahkan mteri dari suatu tempat ke tempat yang lain, energi terdapat dalam berbagai bentuk, misalnya energi panas, energi cahaya, energi gerak, energi listrik, energi kimia dan sebaginya.
Dampak atau efek dari ilmu alamiah dan teknologi yang telah dikembangkan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan sehingga lebih mudah dan menyenangkan dapat bersifat Negatif karena menimbulkan akibat sampingan, akibat negatif itu bila dibiarkan akan membawa malapetaka, oleh karena itu manusia setelah mengetahui beberapa hasil ilmu alamiah dan teknologi mencoba mengatasi juga dengan Imu Alamiah dan teknologi yang baru.
Dampak teknologi IPA terhadap kelangsungan hidup manusia meliputi hampir semua aspek kehidupan Contohnya : Sandang, Papan dan Pangan, Teknologi IPA tidak hanya meningkatkan kualitas tetapi juga kuantitas sandang dan papan, sementara untuk pangan teknologi IPA dapat meningkatkan produksi dengan diciptakannya Bibit Unggul yang berumur singkat dengan produksi yang tinggi, terhadap sumber daya alam, kemajuan teknologi memberikan sumbangan dalam mencari alternatif lain, pengganti sumber energi, yang semakin terbatas jumlanya.
Teknologi juga memberikan alternatif dalam mengelola dan memproses sumber daya alam sehingga dapat menurunkan kerusakan serta populasi yang ditimbulkan oleh peruses produksi,
Di semu bidang Industri, teknologi IPA memiliki peran yang sangat besar meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa banyak dampak negatif yang ditimbulkannya.
Pesatnya perkembngan teknologi IPA dapat dilihat pengarunya pada transportasi dan komunikasi, jarak yang sangat jauh sudah tidak lagi merupakan kendala, semua itu dapat dijangkau dalam waktu yang singkat.
Penggunaan teknologi IPA sangatlah tergantung pada niat manusia itu sendiri, sebab di samping sangat menggantungkan dan mempermudah kegiatan manusia manusia teknologi juga dapat merupakan malapetaka bila digunakan untuk maskud yang tidak baik.
IPA dan teknologi memiliki banyak dampak positif maupun negatif bagi kelangsungan hidup manusia, beberapa dampak positifnya adalah maningkatkan kemakmuran, misalnya dengan teknologi modern dapat diperoleh bahan dasar untuk keperluan industri, mendapatkan bibit unggul memangaatkan hutan sesuai dengan jenis dan fungsinya, Mempermudah menghitung, berkomunikasi, transportasi dan sebaginya.


Ilmu Psikologi yaitu : menurut bahasa yunani kuno psikologi berasal dari kata psikey dan logos yang atinya ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Tidak hanya itu psikologi juga berkaitan dengan ilmu lain,seperti,psikologi dangan antropologi yang membahas manusia dengan budaya – budaya, psikologi dengan sosiologi yang membahas tentang masyarakat, psikologi dengan ekonomi yang membahas pertukaran barang dan jasa. Selain itu psikologi dengan matematika adalah untuk menghitung semua data kuantitatif agar lebih akurat. Secara lebih spesifik penghitungan matematika di gunakan untuk memeroleh teori – teori yang statistika di dalam pendidikan matematika banyak sekali teori – teori yang kita pelajari, tetapi hanya beberapa saja yg sangat berhubungan. Seperti logika, teori – teori statistika, peluang dan lainnya.

keterkaitan antara Psikologi denganIlmu Alam Dasar  yang lainnya, yaitu lmu alamiah merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja.  disiplin ilmu yang biasanya dipelajari di tingkat perguruan tinggi. IAD lebih banyak berbicara tentang bagaimana metode-metode ilmu kealaman dalam menjelaskan gejala-gejala alam secara lebih filosofis. Jika mempelajari Filsafat ilmu kealaman, kita akan bertemu dengan berbagai aliran pemikiran dalam ilmu pengetahuan alam. Misalnya: Realisme, Anti-Realis, relativisme, maupun Feminisme Sains. Di dalamnya pun, kita akan menemukan pertentangan pemikiran antara satu aliran ilmu kealaman dengan aliran yang lain, seperti pertentangan antara realisme dengan anti-realis. Hubungan ilmu alami dasar dengan psikologi  merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini. Sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu alami dasar hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-psrinsip dasar yang esensial saja.contohnya Antropologi dengan Psikologi dalam ilmu ini kita mempelajari perilaku manusia dari peradaban yang berbeda – beda dari suku – suku yang banyak di Indonesia lalu Psikologi dengan Sosiologi  didalam bahasan ini sosiologi dan ilmu psikologi membahas tentang masyarakat luas dan interaksinya dalam masyarakat luas. Dan Panca Indera saat erat dan berkaitan satu sama lainnya. Saat kita mempelajari Panca Indera saat itu pula secara tidak langsung kita mempelajari tentang manusia, namun saat kita mempelajari ilmu alamiah dasar waktu SD kita hanya mengupas sebagian kecil ilmu dari Psikologi.  ilmu alamiah dasar dan ilmu psikologi sangat berkaitan satu sama lain.


Dimana ada unsur yang saling menguatkan. Misalnya manusia dengan akalnya akan menciptakan suatu norma atau tindakan alamiah yang dapat dijadikan pegangan dalam berkehidupan masyarakat.  Ilmu alamiah dasar tidak bias di lepaskan dengan ilmu social yang berarti sangat berkaitan dalam membentuk tingkah laku  manusia. Bagaimana hubungan antar sesame manusia, cara pandang dalam menentukan norma-norma kehidupan bermasyarakat. Kaidah ilmu alamiah dasar sangat lekat dengan ilmu psikologi yang sama-sama membahas tentang bagaimana pola kehidupan individu dan elemen-elemen didalamnya. 

Ada berbagai manfaat yang dapat kita dapat yaitu terciptanya pemikiran yang lebih luas terhadap lingkungan dan gejala-gejala yang terjadi dalam masyarakat, sehingga kita menjadi tanggap terhadap suatu masalah yang terjadi di sekitar kita, manfaat lainnya adalah menciptakan generasi yang mampu menganalisa dan memberikan suatu solusi terhadap sebuah permasalahan, dan yang terakahir adalah menciptakan jiwa seorang pemimpin yang baik untuk generasi mendatang.

Comments

Popular Posts